Biaya Kuliah 10 Universitas di Indonesia

Ejawantah - Sobat, anda bisa memperoleh ilmu dari mana saja. Tapi bangku pendidikan formal merupakan jalan termudah untuk mendapatkan ilmu, seperti kuliah. Di bangku kuliah sudah tersedia pengajar, materi kuliah dan berbagai fasilitas yang menunjang untuk diperolehnya ilmu pengetahuan. Apalagi bagi sobat yang akan lulus dari SMA pasti sedang mempertimbangkan mana yaa tempat kuliah yang bagus dan tepat untuk dipilih. Apalagi biaya kuliah sekarang tidak murah. Nah, berikut biaya kuliah 10 univ di Indonesia untuk menjadi referensi bagi sobat yang akan masuk jenjang perkuliahan: 


1. Institut Teknologi Bandung
Universitas yang terletak di Bandung ini dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. Bagi orang tua yang akan mengkuliahkan anaknya di universitas ini harus membayar biaya kuliah sebesar Rp 10 juta per semester untuk jurusan non sekolah bisnis dan manajemen. Sedangkan untuk jurusan sekolah bisnis dan manajemen, orang tua harus membayar biaya kuliah anaknya sebesar Rp 20 juta per semesternya. 

2. Universitas Gadjah Mada
Universitas yang terletak di Jogjakarta menerapkan biaya kuliah sesuai dengan penghasilan orang tua. Semakin besar pendapatan orang tua maka semakin tinggi pula UKTnya. Untuk sobat yang ingin masuk kuliah di UGM, jurusan IPA biaya kuliah universitas mulai dari Rp 500 ribu sampai 14,5 juta per semesternya. Sedangkan jurusan IPS mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 10,5 juta rupiah per semesternya tergantung pendapatan orang tua. 

3. Universitas Padjadjaran

Biaya kuliah 10 univ di Indonesia yang salah satunya Unpad menerapkan UKT masing-masing program studi. Uang kuliah digolongkan berdasarkan penghasilan dari orang tua mulai dari uang kuliah kelompok I adalah Rp 500 ribu per semester hingga Rp 13 juta per semesternya. 

4. Universitas Indonesia
Biaya kuliah di UI ditentukan sendiri oleh orang tua mahasiswa maupun penanggung biaya pendidikan mahasiswa sesuai dengan kemampuan. Jurusan IPA mulai dari Rp 10 juta hingga hingga Rp 15 juta per semester dan untuk jurusan IPS mulai dari Rp 7,5 juta hingga 12,5 juta per semester. 

5. Universitas Diponegoro
Undip mengelompokkan biaya kuliah disesuaikan dengan kemampuan orang tua. Untuk jurusan IPS mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 6,5 juta per semester. Sedangkan jurusan IPA mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 19 juta per semester. 

6. Universitas  Parahyangan
Universitas yang berlokasi di Bandung menerapkan biaya kuliah dengan membayar Kuliah Pokok Awal sebelum masuk kuliah dan membayar uang semester tiap semesternya juga biaya SKS yang diambil. Mahasiswa yang akan masuk universitas ini harus menyiapkan budget Rp 15 juta hingga Rp 30 juta tergantung jurusan yang diambil. 

7. Universitas Trisakti
Dana yang perlu disiapkan untuk masuk di Trisakti bervariasi sesuai jurusan. Sobat yang ingin masuk jurusan kedokteran harus menyiapkan dana sekitar Rp 600 juta. Adapun untuk jurusan teknik biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 170 juta. 

8. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Biaya kuliah 10 univ di Indonesia salah satunya UMY bervariasi tiap jurusan dan tiap semesternya. Seperti FISIP yang menetapkan biaya Rp 10 juta pada semester pertama dan Rp 8 juta di semester berikutnya. 

9. Universitas Sanata Dharma
Di universitas ini orang tua bisa mengajukan keringanan untuk pembayaran DPP dengan melampirkan slip gaji orang tua dan Surat Keterangan Tidak Mampu. Biaya DPP bisa diangsur 3 kali, dengan total dana Rp 9 juta hingga Rp 13 juta. 

10. Universitas Ciputra
Biaya awal untuk jurusan International Hospitally and Tourism Business Rp 32 juta dengan biaya semester Rp 11 juta di luar harga per SKS yaitu Rp 400 ribu.
 
Sobat, biaya kuliah 10 univ di Indonesia di atas bisa jadi referensi anda yang akan masuk jenjang perkuliahan. Kuliah memerlukan biaya tidak sedikit untuk itu perlu disiapkan dengan baik. Nah untuk memudahkan bagi orang tua yang akan memasukkan anaknya ke perguruan tinggi, sekarang tersedia pinjaman tunai tanpa jaminan proses cepat. Tunaiku menawarkan pinjaman uang secara cepat dan mudah bagi yang membutuhkan. Terlebih bagi orang tua yang akan mengkuliahkan anaknya tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan pinjaman tunai tanpa jaminan maka anda tidak perlu bingung lagi mencari pinjaman yang beresiko untuk membiayai perkuliahan anak.
Newest
Previous
Next Post »