Mesin Kasir Terbaik, Pilih dengan Cara Ini!

Ejawantah - Keuangan adalah salah satu bagian dari kehidupan yang wajib untuk selalu dipertimbangkan. Keuangan ini akan menjadi semakin vital jika sudah berurusan dengan bisnis. Untuk bisa menjadikan keuangan dalam sebuah usaha berjalan secara semestinya, memang harus ada sistem yang harus diterapkan. Sistem ini akan membantu usaha untuk bisa selalu lancar dalam mengamankan keuangan. Salah satu benda penting yang tidak bisa dilepaskan adalah mesin kasir.


Mesin untuk kasir ini pada dasarnya memiliki dua jenis yang utama dan kerap dipakai di pasaran yaitu cash register dan POS. Untuk bisa memilih mesin kasir yang tepat, maka berikut ini tipsnya:

1. Kenali jenis mesin untuk kasir

Mengenal sebelum membeli tentu menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum bisa meminang mesin untuk kasir tersebut. Berikut ini penjelasan terkait dua jenis mesin untuk kasir:
  • Cash register - Sesuai dengan namanya, mesin yang satu ini memang didesain untuk mengakomodasi segala keperluan yang berkaitan dengan penghitungan dan penyimpanan transaksi dalam penjualan. Lazimnya, cash register ini dipakai untuk depot, rumah makan hingga toko yang tidak terlalu besar dimana tidak terlalu butuh stok barang terlalu banyak di dalamnya. Pengoperasiannya pun sangat mudah karena dalam satu perangkat yang berukuran cukup kecil sudah mampu mengakomodasi semua fungsi sehingga lebih simpel. Selain itu cash register juga bebas dari virus mengingat sudah ada sistem operasi paten di dalamnya sehingga tidak dapat diubah seenaknya.
  • POS - Perangkat kasir komputer umumnya disebut dengan POS dimana merupakan seperangkat sistem berupa hardware dan software yang didesain sesuai keperluan serta dapat diintegrasikan ke beberapa alat pendukung. POS ini kebanyakan dipakai oleh perusahaan yang menjalankan usaha di bidang perdagangan barang dagang banyak serta manufaktur. Sistem POS pun mampu di integrasi dengan perangkat lain seperti scanner, cash drawer dan printer sehingga kian memudahkan penggunanya. Karena sistem pada POS dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan usaha, maka tak heran jika kini POS lebih banyak dipilih. Namun kelemahannya adalah pada mudahnya POS terkena virus.
2. Kenali kebutuhan Anda
Setelah mengetahui penjelasan singkat terkait jenis mesin untuk kasir yang ada di pasaran, selanjutnya Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda pelaku usaha restoran atau segala sesuatu yang tidak terlalu butuh banyak space terkait stok barang dan penggolongan, maka bisa menggunakan cash register. Namun berbeda jika Anda adalah pengusaha minimarket atau segala bentuk usaha yang berkutat pada stok barang maka POS lebih disarankan.

3. Pertimbangan harga
Mengingat spesifikasi dan jenisnya berbeda, maka kedua mesin tersebut tentu memiliki harga yang berbeda. Untuk cash register, Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari 1 jutaan rupiah saja. Salah satu merek yang direkomendasikan diantaranya merek Casio dari Jepang. Tetapi berbeda dengan POS karena perangkatnya banyak dan butuh pemasangan sistem khusus maka harganya akan jauh lebih mahal. Apalagi jika sistem yang Anda gunakan dalam POS rumit, maka tentu harganya akan menjadi kian mahal.

Itulah beberapa tips singkat untuk memilih mesin kasir yang tepat. Kini mesin untuk kasir ini bisa mudah didapatkan, bahkan Anda juga bisa memesannya secara online di toko online terpercaya jika ingin lebih praktis. Jika Anda ingin memesan POS, maka Anda bisa membelinya secara paketan atau secara terpisah masing-masing perangkatnya sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Previous
Next Post »